Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Posted on

BPJS Kesehatan adalah salah satu faktor kunci dalam membuat perawatan kesehatan mudah dan gratis bagi masyarakat. Kami menemukan bahwa permintaan akses telah tinggi sejak BPJS Kesehatan pertama kali diluncurkan. Oleh karena itu, pemerintah senantiasa menantikan perubahan-perubahan yang dibawa oleh inovasi dan peningkatan pelayanan kesehatan.

Dalam hal ini, BPJS Kesehatan akan membantu menekan biaya rawat inap saat Anda sakit. Oleh karena itu, semua warga negara harus mendaftar untuk menggunakan layanan BPJS ini. Oleh karena itu, jika Anda mendaftar sebagai pelanggan independen, Anda harus membayar bulanan berdasarkan persyaratan harga yang tercantum di setiap bab.

BPJS Kesehatan sangat mudah digunakan, tetapi tidak sulit untuk diakses, bahkan dalam beberapa langkah, karena ada proses untuk melakukan pemeriksaan BPJS yang mudah dihitung.

Validasi BPJS aktif atau tidak memerlukan pengetahuan, sehingga Anda dapat mengakses langkah-langkah ini dengan berbagai cara kapan saja. Ini membuat tanggal kejadian dan jatuh tempo, memberi Anda akses proaktif ke berbagai aspek, dan memungkinkan Anda melihat dengan cepat apakah BPJS Kesehatan aktif.

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Ataupun Tidak

Secara tidak langsung terdapat konfigurasi yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi aktif tidaknya BPJS Kesehatan dari data baru. Nah, untuk melihat status BPJS Anda masih aktif atau sebaliknya, ikuti langkah-langkah cepat dan mudah berikut ini:

1. Mengakses Website Resminya

Salah satu cara yang tepat untuk mengecek apakah BPJS kesehatan Anda masih aktif adalah dengan mengunjungi situs resminya. Pada langkah ini, Anda dapat melihat status aktif BPJS Kesehatan. Ini dapat dihitung pada langkah berikutnya.

  1. Langkah pertama kunjungi laman https://List.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.
  2. Kemudian isi kolom nomor kartu BPJS pada proses selanjutnya
  3. Langkah selanjutnya adalah mengisi kolom Tanggal Lahir untuk mengeceknya. Tunggu hingga semua data dari BPJS Kesehatan ditampilkan dan Anda dapat mengakses data tersebut secara langsung.

2. Menggunakan Aplikasi JKN

Jika Anda bertanya-tanya apakah kartu BPJS kesehatan Anda valid, ada lebih banyak pilihan. Oleh karena itu, aplikasi skrining BPJS Anda harus diperiksa kembali untuk mengikuti langkah-langkah yang benar:

  1. Langkah pertama adalah mengakses ponsel cerdas Anda dari Play Store dan menginstal aplikasi seluler JKN.
  2. Kemudian, pada langkah selanjutnya, Anda dapat membuka alamat email yang valid atau terdaftar dan login dengan nomor kartu BPJS Anda. Kemudian masukkan kata sandi yang Anda tetapkan sebelumnya.
  3. Jika Anda belum memiliki akun resmi, Anda harus terlebih dahulu mengklik Daftar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  4. Proses selanjutnya adalah masuk ke menu peserta.
  5. Masuk ke daftar pelanggan menampilkan informasi tentang daftar klaim dan menentukan apakah keadaan BPJS tetap aktif.

3. Memanfaatkan Call Center

Langkah selanjutnya sangat sederhana dan juga menyediakan akun yang lebih cepat yang memungkinkan Anda untuk memeriksa kesehatan BPJS Anda dari call center 1500400.

Dari nomor ini nantinya Anda bisa menanyakan status BPJS dan apakah masih aktif. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS Anda terlebih dahulu. Atau, Anda dapat menggunakan NIK.

Anda bisa menghitungnya secara langsung dengan mencatat langkah-langkah kunci yang bisa digunakan untuk menentukan BPJS kesehatan lebih cepat dengan proses pengecekan apakah kartu BPJS sudah aktif.

Sumber informasi: